mm-blog-sehat-ala-rasulullah-saw

Setiap manusia di bumi ini pasti menginginkan yang namanya sehat, karena percuma memiliki kekayaan yang berlimpah, istri yang cantik atau suami yang ganteng, namun kita sendiri sakit-sakitan. Sehat adalah baik seluruh badan serta bagian-bagiannya (bebas dari sakit). Rasulullah sebagai manusia sempurna yang memiliki sifat-sifat baik dan berakhlak mulia pun memiliki tubuh yang sehat.

Nabi Muhammad SAW sangatlah menjaga kehidupan beliau, mengumpamakan tubuh itu harus memiliki tiga ruang, sepertiga untuk udara, sepertiga untuk air dan sepertiga lagi untuk makan dimana ketiga itu harus seimbang, dan masih banyak lagi pola hidup Rasulullah yang menyehatkan. Bagaimana sih sehat ala Rasulullah SAW? Berikut adalah beberapa tipsnya :

  1. Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan

Rasulullah SAW tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan, dan hal ini terbukti menyehatkan secara ilmiah.

  1. Rasulullah duduk ketika hendak minum

Ketika merasa haus Rasulullah biasa meminum air dengan duduk terlebih dahulu. Cara ini juga terbukti menyehatkan secara ilmiah, dimana ketika kita meminum air dengan posisi masih berdiri akan ada katup yang belum siap menerima tekanan air dan ketika duduk katup itu terbuka dan siap menerima air, dan banyak orang juga beranggapan jika kita makan atau minum sambil berdiri itu seperti kuda, jadi ketika hendak makan dan minum harus duduk ya!

  1. Rasulullah makan dengan tangan kanan

Selain makan menggunakan tangan kanan adalah budaya yang baik. Makan dengan tangan kanan pun melatih otak kiri kita untuk tetap bekerja.

  1. Rasulullah SAW cepat tidur dan cepat bangun

Jika sudah waktunya tidur, maka Rasulullah SAW akan cepat tidur. Tidur yang tepat di malam hari kira-kira adalah seusai istirahat, setelah shalat Isya, Kemudian kira-kira pukul 03.00 sudah bangun di pertiga malam untuk shalat malam. Dengan demikian waktu yang digunakan untuk tidur adalah kurang dari delapan jam. Dalam konteks ini, penggunaan waktu 24 jam dalam satu hari satu malam, adalah sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah kepada Allah, dan sepertiga lagi adalah untuk tidur yang cukup. Tentu saja, perbandingan ini tidaklah kaku, melainkan dalam pengertian dalam keseimbangandan Rasulullah tidak akan begadang jika tidak ada kepentingan, namun jika diharuskan begadang untuk kepentingan umat Islam, beliau banyak minum air putih.

  1. Rasulullah sering berpuasa

Rasulullah sangat sering berpuasa karena banyak sekali manfaat yang dihasilkan untuk kesehatan tubuh jika kita berpuasa. Hal ini karena puasa dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau pengeluaran zat racun dari dalam tubuh dan masih banyak manfaat lainnya jika berpuasa.

  1. Bersiwak di pagi hari

Di pagi hari, Rasulullah biasa menggunakan siwak. Siwak sangat bermanfaat menjaga kesehatan mulut dan gigi.

  1. Sarapan dengan segelas air putih dan dicampur madu

Nabi Muhammad SAW biasa sarapan dengan segelas air dan dicampur madu. Setelah diteliti, dengan rutin meminum air yang dicampur madu bisa melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

  1. Makan 7 butir kurma matang

Jelang dhuha (sekitar pukul 08.00 WIB), Rasul memakan 7 butir kurma yang sudah matang. Kurma bermanfaat untuk menetralisir racun dalam tubuh (detoksifikasi).

  1. Ngemil roti yang diolesi cuka campur minyak zaitun dan makan sayur

Di sore hari, Nabi Muhammad SAW suka ngemil roti yang diolesi cuka campur minyak zaitun. Dua bahan ini ternyata mencegah kanker dan menghancurkan kolesterol. Di Malam hari, Rasulullah menyantap sayur mayur. Sayur sangat banyak khasiatnya.

  1. Olahraga

Olahraga dan banyak gerak. Cara beliau olahraga dengan bermain bersama anak serta cucunya. Rasulullah juga sering mengadakan lomba lari dengan mereka. Pada suatu riwayat, Nabi Muhammad SAW pernah mengajak istrinya, Aisyah, lomba lari supaya badan tidak lemas dan tetap sehat.

Itu adalah beberapa tips sehat ala Rasulullah SAW. Mencegah lebih baik dari pada mengobati dan ingat sehat itu mahal jadi jagalah kesehatan tubuhmu.