Perhiasan yang Dilarang bagi Wanita

Setiap manusia yang diciptakan oleh Allah pastilah memiliki kecintaan serta senang dengan keindahan dan juga kebersihan, terutama dalam hidup sehat. Setiap orang menginginkan dirinya agar tampil bersih dan indah di mata orang lain. Namun, dalam Islam dianjurkan apabila kamu melakukannya dengan niatan ibadah, tidak berlebihan dan tidak menentang apa yang telah Allah tetapkan.

Setiap wanita menginginkan tampil anggun dan cantik, salah satunya adalah dalam penggunaan perhiasan. Biasanya hampir semua wanita menyukai perhiasaan, karena dapat menunjang penampilannya menjadi semakin lebih menarik. Ada banyak jenis perhiasan yang digunakan oleh wanita. Namun, bagaimanakah penggunaan perhiasan menurut islam bagi wanita? Berikut ini adalah beberapa perhiasan yang dilarang bagi wanita dalam Islam.

Mengikir Gigi

Mengikir gigi adalah menjarangkan antara gigi seri dan gigi taring. Hal ini bertujuan agar tampak lebih muda dan giginya menjadi lebih bagus. Hal ini termasuk hal yang dilarang karena mengubah ciptaan Allah dan juga dapat dikatakan sebagai penipuan. Akan tetapi, mengikir gigi dibolehkan jika maksudnya adalah untuk pengobatan atau terdapat cacat pada giginya.

Menambal Gigi dengan Emas

Menambal gigi dengan emas diperbolehkan apabila memang untuk pengobatan, bukan untuk berhias dan kecantikan. Imam Ibnu Qudamah mengatakan, Imam Ahmad berkata, menambal gigi dengan emas karena khawatir giginya lepas biasa dilakukan oleh banyak orang. Hal ini diperbolehkan jika memang berada dalam keadaan darurat.

Menggunakan perhiasan kuku

  1. Memakai kuteks

Salah satu bagian tubuh yang biasanya sering dihias adalah kuku. Banyak wanita muslimah meniru kebiasaan wanita non muslim yang mengecat kuku-kuku mereka dengan kuteks. Wanita muslim yang memakai kuteks terkena dua musibah yang tidak bisa dianggap ringan, yaitu adalah menghalangi sampainya air wudhu ke kuku dan kedua adalah mereka menampakkannya kepada laki-laki yang bukan mahram. Namun kini, sudah ada jenis kuteks halal yang aman digunakan oleh wanita muslim.

  1. Menyambung kuku

Menyambung kuku asli dengan kuku buatan yang lebih panjang dan lebih bagus daripada kuku aslinya. Ini adalah salah satu kebiasaan orang kafir yang harus dijauhi oleh segenap wanita muslimah. Jangan sampai kamu terbius dengan tingkah polah wanita kafir yang hanya mengajakmu ke dalam jalan kesesatan. Allah berfirman mengenai ucapan iblis :

“dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya. Barang siapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.”(QS. An-Nisa [4] : 119)

  1. Memanjangkan kuku

Apabila kamu hobi memanjangkan kuku, maka kamu menyelisihi sunnah. Nabi bersabda :

“Lima perkara termasuk fitrah: khitan, membersihkan bulu rambut di sekitar kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku dan mencukur kumis.”

Lima perkara di atas tidak boleh dibiarkan melebihi 40 hari karena Sahabat Anas berkata, Rasulullah member waktu kepada kami dalam mencukur kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan, tidak boleh dibiarkan melebihi 40 hari.

Memanjangkan kuku termasuk bentuk meniru kepada binatang dan orang kafir, hal itu termasuk kebiasaan jelek yang berasal dari wanita fajir (pendosa) dan perkara ini telah melanda mayoritas wanita muslimah.

Sandal dan sepatu bertumit tinggi

Tidak boleh wanita muslimah memakai sandal atau sepatu yang bertumit tinggi karena hal ini termasuk bentuk penipuan dan menampakkan kedua kakinya. Allah berfirman :

“Dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahililah yang dahulu.” (QS. Al-Ahzab [33]: 33)

Dahulu para lelaki dan wanita Bani Israil sholat bersama-sama. Para wanita memakai kaki palsu agar terlihat lebih tinggi di mata kekasihnya. Wanita yang memakai sandal dan sepatu bertumit tinggi terjatuh dalam beberapa pelanggaran, yaitu menyerupai wanita kafir barat, menampakkan kesombongan, dapat menimbulkan bahaya bagi badan, menunjukkan kelemahan iman pemakainya karena begitu cepatnya dia terima adat orang kafir dan orang yang memakainya seakan-akan tidak ridha dengan ciptaan Allah. Namun, hal ini tetap didasari dari niat yang ada dalam diri kita.

Summary
Article Name
Perhiasan yang Dilarang bagi Wanita | Muslimarket Blog
Description
Banyak perhiasan yang biasanya digunakan oleh wanita, termasuk muslimah. Yuk cari tahu apa aja perhiasan yang dilarang bagi wanita disini!
Author
Publisher Name
Muslimarket
Publisher Logo