Manfaat dan Doa Ketika Turun Hujan Dalam Islam

Musim hujan kembali menghampiri. Sudah sepantasnya sebagai manusia kita mensyukuri nikmat akan datangnya hujan. Allah telah menurunkan hujan sebagai rahmat di saat diperlukan oleh seluruh makhluk. Air adalah salah satu nikmat Allah yang sangat agung. Air menjadi sumber kehidupan manusia, hewan, dan juga tumbuhan. Semuanya tidak bisa lepas dari air. Sebagaimana firman Allah SWT, sebagai berikut :

وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

Artinya : “Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (Q.S. Al-Anbiya’: 30).

Ada banyak sekali nikmat yang Allah sediakan untuk makhluk-makhluk-Nya di bumi, seperti air. Ada banyak sekali sumber yang disediakan oleh Allah, mulai dari tanah, berasal dari aliran sungai atau laut, dan juga hujan. Air hujan salah satu nikmat yang banyak Allah sebutkan dalam Al-Quran. Memiliki banyak manfaat serta fungsi bagi seluruh makhluk di bumi. Allah telah mengabarkan, bahwa Dia menghidupkan bumi yang mati dan kering melalui guyuran hujan. Airnya menghidupkan bumi dan juga menghijaukannya. Seperti firman-Nya berikut ini :

وَمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ مَاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ

Artinya : “Dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan.” (Q.S. Al-Baqarah: 164)

Tanpa kita sadari, bahwa selama ini hujan memiliki keberkahan serta manfaat besar bagi kehidupan makhluk yang ada di bumi. Dengan turunnya hujan, Allah menumbuhkan tanam-tanaman, buah-buahan dan berbagai sumber makanan lainnya. Air hujan yang turun dari langit ini adalah air yang penuh dengan berkah, yaitu banyak mengandung kebaikan. Hujan dapat menyucikan bumi dari kotorannya, membersihkan badan dari kotoran debu dan najis. Hujan adalah air suci secara dzat dan menyucikan yang lain.

Mungkin ada sebagian orang yang belum menyadari jika pada saat hujan adalah salah satu waktu yang pas untuk kita berdoa kepada Allah. Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan bahwa, “Dianjurkan untuk berdoa ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW,”

ُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Artinya : “Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.”

Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika saat hujan turun, kita sebagai orang muslim memanjatkan doa saat turun hujan sebagai ungkapan syukur dan juga nikmat kepada Yang Maha Kuasa. Ummu Mukminin, ‘Aisyah RA berkata :

ِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ : اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Artinya : “Rasulullah SAW saat melihat hujan turun mengucapkan: Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat.” (HR. Bukhari).

Ada beberapa penyebab umum turunnya hujan, diantaranya adalah :

  1. Ketakwaan kepada Allah.

Allah SWT berfirman, yang artinya :

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.” (QS. Al-A’raf: 96).

  1. Istighfar atau taubat dari dosa-dosa.

Allah SWT berfirman tentang Nabi Nuh bahwa beliau berkata :

“Maka aku katakana kepada mereka, Mohonlah ampun kepada Rabb kalian, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepada kalian dengan hebat.” (QS. Nuh: 10-11).

  1. Istiqamah di atas Syariat Allah.

Allah SWT mengabarkan, yang artinya adalah :

“Dan bahwasanya: Jikalau mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam), benar-benar Kami akan member minum kepada mereka air yang segar.” (QS. Al-Jin: 16)

  1. Istisqa’, baik sekedar berdoa maupun diiringi dengan shalat.

Memanjatkan rasa syukur kepada Allah ketika sedang turunnya hujan dapat membawa kebaikan dan berkah bagi setiap umat manusia. Agar setiap rintik hujan yang turun dapat memberikan keberkahan kepada semua makhluk-Nya, dan agar tidak menyebabkan bencana alam seperti banjir, longsor atau bencana lainnya. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Summary
Article Name
Manfaat dan Doa Ketika Turun Hujan Dalam Islam | Muslimarket Blog
Description
Ada banyak sekali manfaat dan keberkahan hujan. Yuk cari tahu apa saja manfaat dan doa ketika turun hujan dalam Islam!
Author
Publisher Name
Muslimarket
Publisher Logo