mm-blog-manfaat-berqurban-di-hari-raya-idul-adha

Qurban secara bahasa adalah hewan sembelihan, merupakan salah satu ibadah dalam agama islam yang mana umat muslim melakukannya dengan cara menyembelih binatang ternak sebagai wujud pengorbanan umat muslim. Ibadah qurban dilakukan pada bulan dzulhijah tepat pada tanggal 10 dzulhijah. Hukum dari ibadah qurban adalah sunnah muakad yaitu sunah yang diutamakan. Adapun syarat berqurban yaitu :

  • Orang yang akan berqurban harus membeli hewan qurbannya dengan cara yang halal dan tidak berhutang.
  • Hewan yang diqurban adalah hewan ternak seperti sapi, kambing, dan onta.
  • Binatang qurban tidak boleh cacat, tidak boleh pincang, tidak boleh buta, tidak boleh tuli, harus hewan yang memang memiliki fisik yang sehat bugar.
  • Binatang qurban pun memiliki kriteria umur tertentu yang boleh untuk disembelih.
  • Orang yang berqurban harus merdeka, memiliki akal sehat, dan dewasa.

Makna idul adha adalah mengajarkan setiap umat muslim untuk rela mengorbankan apa yang telah dimiliki selama ini dan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Berqurban pun mempunyai manfaat untuk diri sendiri dan lingkungan sosial. Berikut manfaat berqurban untuk diri sendiri :

  • Menimbulkan rasa empati seseorang

Hikmah berqurban yaitu melatih diri kita untuk memiliki sikap kepedulian sosial kepada sesama, karena mungkin selama ini kita memiliki harta yang cukup tidak ada salahnya untuk menyisihkan sebagian harta kita untuk diqurbankan dalam wujud hewan ternak kemudian hasil dari qurban tersebut dagingnya dibagikan kepada orang yang membutuhkan dan mereka bisa mengkonsumsinya.

  • Melatih pribadi menjadi dermawan

Berlatih menjadi dermawan harus dilatih terus menerus hingga menjadi kebiasaan, menjadi dermawan dalam kebaikan sangat baik loh dan mempunyai banyak manfaat yang bisa dirasakan secara spiritual.

  • Meningkatnya ketaqwaan kepada Allah SWT

Ibadah qurban sudah dicantumkan dalam Al-Qur’an sebagai perintah dari Allah SWT, karena ibadah ini akan menjaga bahkan dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Sehingga, seseorang yang berqurban memiliki iman yang semakin kuat dan tidak muda mengikuti hawa nafsunya.

Nah ini, manfaat berqurban untuk lingkungan sosial diantaranya adalah :

  • Menjaga tali silaturahmi sesama umat muslim

Saat hari raya idul adha atapun hari raya qurban adalah salah satu sarana untuk menjalin tali silaturahmi kepada orang lain khususnya sesama umat muslim. Karena mensukseskan kegiatan qurban tidak bisa hanya dilakukan secara individual pasti membutuhkan peranan orang banyak dalam kegiatan ini. Ini akan menjadi persatuan sesama muslim untuk bersama-sama membagi kebahagiaan.

  • Mencukupi kebutuhan gizi kaum yang membutuhkan

Ternyata manfaat dari qurban juga salah satunya adalah  dapat memperbaiki asupan gizi karena mengkonsumsi daging yang berasal dari sapi dan kambing.

Jadi ibadah qurban itu adalah suatu hal yang penting loh! Yang bisa dilakukan oleh umat muslim apabila sudah mampu menunaikannya. Banyak hikmah dan manfaat yang bisa diambil dari ibadah ini. Agama islam telah mengajarkan kepada umatnya untuk saling berbagi dengan sesama. Menyambut datangnya hari raya idul adha, kini telah banyak bermunculan para penjual hewan qurban, dan salah satunya adalah Muslimarket.com.

Muslimarket.com sebagai pasar halal terlengkap dan terbaik menyediakan berbagai macam paket qurban dengan harga yang relatif murah dengan kualitas hewan yang sudah terjamin. Muslimarket bekerja sama dengan Dompet Dhuafa akan mendistribusikan hewan qurban ke wilayah-wilayah yang telah ditentukan, seperti wilayah miskin, tertinggal dan ada di pedalaman. Hewan qurban tidak diantarkan kepada pengqurban (customer), dan 100% akan didistribusikan kepada warga-warga yang lebih membutuhkan. Selain itu, pengqurban juga tidak bisa memilih lokasi pendistribusian hewan qurban. Bagi pengqurban, akan mendapatkan laporan berupa soft copy yang akan dikirimkan melalui email. Laporan berupa lokasi pendistribusian, dokumentasi pra dan pasca hewan qurban disembelih.

Muslimarket dan Dompet Dhuafa bekerja sama untuk memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkan. Muslimarket dan Dompet Dhuafa akan memilih hewan qurban dengan kualitas yang terbaik, sehingga layak untuk dikonsumsi dan tentu saja sesuai dengan syariat yang ada dalam Islam. Jadi, tunggu apalagi? Yuk berqurban bersama Muslimarket dan Dompet Dhuafa.