mm-blog-lailatur-qadar-di-indonesia-pada-17-ramadhan

Begitu banyak keberkahan di bulan suci Ramadhan, salah satunya adalah pada malam Lailatul Qadar atau malam Nuzulul Quran. Mendapatkan berkah Lailatul Qadar adalah harapan dari kita sebagai umat Islam yang tengah menjalankan ibadah puasa. Sebab, Allah telah menjanjikan beberapa kemuliaan malam itu yang akan membawa keberkahan abadi yang telah disebutkan jika malam itu lebih baik dari 1000 bulan.

Lailatul Qadar bisa turun dimana saja dan siapa saja bisa mendapatkannya. Karena di malaam 10 terakhir Ramadhan adalah malam Lailatul Qadar. Selalu ganjil antara 21, 23, 25, 27 dan 29. Namun untuk pastinya kapan, Allah merahasiakannya agar umat Islam rajin beribadah khususnya di malam-malam ganjil tersebut. Lantas, di Indonesia sendiri, mengapa Lailatul Qadar dirayakan pada 17 Ramadhan?

Hal ini tentu saja berbeda dengan peringatan nuzulul Quran di beberapa Negara Arab. Sebagian besar Negara Arab memperingati Nuzulul Quran pada malam 27 Ramadhan, sedangkan di Indonesia diperingati pada 17 Ramadhan. Untuk lebih jelasya, berikut ini adalah penjelasan dari KH M. Ishaq Isfiroyini, salah seorang tokoh NU seperti yang di lansir dari nu.or.id.

“Para ulama Arab sepakat jika Al-quran turun pada tanggal 27 Ramadhan bertepatan dengan malam seribu  bulan, Lailatul qadar,”.

Selanjutnya beliau menjelaskan mengenai kata “anzalna” dan “nazzala” (kami menurunkan) dalam Al-Quran yang memberikan pemahaman bahwa pada malam 27 Ramadhan, Allah menurunkan ayat untuk pertama kali yang berbunyi “Iqra’…” (Surat Al-Alaq) kepada nabi Muhammad SAW. Sedangkan pada malam 17 Ramadhan, dipahami sebagian ulama sebagai saat-saat dimana Nabi Muhammad SAW menyebarkan Al-Quran kepada umatnya kala itu.

Sedangkan, kenapa di Indonesia diperingati pada malam ke-17?

Ishaq Isfiroyini menjelaskan bahwa, dulu kurang lebih ketika Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia untuk pertama kalinya, bertepatan pada hari Jumat tanggal 17 Ramadhan, atas saran Buya Hamka, presiden pertama Indonesia ini menggelar acara peringatan Nuzulul Quran sebagai rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia.

Namun, terlepas dari perbedaan itu, ia tetap mengajak umat Islam untuk mencintai dan mengamalkan Al-quran serta menyongsong Lailatul Qadar, dengan meningkatkan ibadah kita di bulan yang penuh berkan ini, khususnya pada 10 malam ganjil terakhir.

Summary
Article Name
Lailatur Qadar di Indonesia Pada 17 Ramadhan? | Muslimarket Blog
Description
Seperti yang kita ketahui, pada 17 Ramadhan diperingati Lailatul Qadar di Indonesia, yang berbeda dari kebanyakan negara Arab. Cari tahu disini!
Author
Publisher Name
Muslimarket
Publisher Logo