mm-blog-ini-tanda-tanda-malam-lailatul-qadar

Lailatul Qadar adalah malam penting yang terjadi pada bulan Ramadhan. Banyak yang meyakini bahwa terjadinya malam Lailatul Qadar di 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan, hal ini berdasarkan hadits berikut ini : “Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terkahir bulan Ramadan dan beliau bersabda: ‘Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan’.”

Dalam Al-Quran telah dijelaskan mengenai makna dan juga keistimewaan dari mala mini, yaitu suatu malam dimana merupakan malam yang memiliki keutamaan dan keistimewaan yang luar biasa, yaitu malam yang lebih baik daripada malam 1000 bulan atau dapat juga dikatakan sebagai malam yang penuh kemuliaan. Mulia disini memiliki arti bahwa malam diturunkannya Al-quran yang memiliki kemuliaan, lewat malaikat yang juga memiliki kemuliaan yang diturunkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW yaitu seorang yang paling mulian di muka bumi.

Untuk itu, mendapatkan keberkahan Lailatul Qadar merupakan harapan dari semua umat Islam yang tengah menjalankan ibadah puasa. Namun tidak semua orang bisa merasakan keberkahan ini, hanya bagi yang bersungguh-sungguhlah yang akan mendapatkannya. Untuk tepat pada tanggal berapanya, Allah merahasiakannya, ini dimaksudkan agar umat Islam bisa terus beribadah secara sungguh-sungguh pada 10 malam terakhir.

Namun, ada tanda-tanda malam lailatul qadar, seperti yang pernah disampaikan Rasulullah berikut ini :

  1. Terbitnya matahari

  • Cahanya lembut sejak pagi
  • Cerah
  • Sinarnya tidak begitu menyengat, mulai dari siang hingga terbit besok paginya

Dari Ubay bin Ka’ab Radiyallahu’anhu, bahwasanya Rasulullah Sollahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Keesokan hari malam lailatul qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar terang.” (HR Muslim).

  1. Udara

  • Sejuk dan tenang

Ibnu Abbas radiyallahu’anhu berkata, Rasulullah SAW bersabda :

“Lailatul qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan lemah berwarna merah.” (Hadist hasan)

  1. Kemunculan bulan

  • Tanda malam hari di mana bulan menampakkan diri dengan separuh

Abu Hurairah Radiyallahu’anhu pernah berkata, kami pernah berbincang tentang Lailatul Qadr di sisi Rasulullah SAW, beliau berkata:

“Siapkan dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul yang berukuran separuh nampan.” (HR Muslim)

  1. Malam

  • Terang
  • Sejuk, tidak panas dan tidak dingin
  • Tak nampak awan di langit yang terang
  • Tidak ada hujan
  • Angin berhembus lembut

Sebagaimana sebuah hadist dari Watsilah bin Al-Asqo’ dari Rasulullah SAW:

“Lailatul qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi syaitan).” (HR. at-Thobroni dalam al-Mu’jam al-Kabir 22/59 dengan sanad hasan)

  1. Rasa umat yang beribadah

  • Merasakan keheningan dalam kebahagiaan dan ketenangan
  • Hati dan pikiran merasakan nikmat bermunajat dan berdoa, berbeda dengan malam lainnya

Nah, itu dia tanda-tanda malam Lailatul Qadar, semoga kita diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk merasakan kemuliaan mala mini. Aamiin.

Summary
Article Name
Ini Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar | Muslimarket Blog
Description
Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemuliaan, tidak semua orang bisa merasakannya. Beikut tanda-tanada malam lailatul qadar.
Author
Publisher Name
Muslimarket
Publisher Logo