mm-blog-ini-dia-tips-sehat-saat-puasa

Puasa berarti kita menahan lapar dan dahaga mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, yang berarti selama sekitar 14 jam tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan maupun cairan. Untuk itu, untuk membuat tubuhmu tetap sehat saat berpuasa, maka penting untuk mengatur pola makan. Nah, berikut ini ada beragam tips sehat saat puasa yang dapat kamu ikuti hingga puasa ramadhan berakhir.

Yuk simak beragam tipsnya berikut ini.

  1. Saat berpuasa, tentu saja kamu harus mengatur pola makan, waktu yang tepat untuk kamu mengkonsumsi obat (jika kamu memang sedang diharuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan) atau multivitamin dan juga jenis olahraga yang boleh dilakukan selama berpuasa. Kamu dapat mengkonsultasikannya dengan dokter atau seseorang yang lebih paham mengenai hal ini.
  2. Saat berpuasa, kamu diwajibkan untuk sahur, karena sahur memiliki peran yang begitu penting. Untuk menu sahurnya, kamu harus mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah karena dapat menahan kenyang kamu lebih dari 6 jam. Protein, buah, sayur dan juga air putih yang cukup juga dapat membantu stamina kamu selama berpuasa, lho!
  3. Untuk membuat badanmu tetap fit, kamu harus mengindari mengkonsumsi makanan berminyak. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen, yang membuat kamu akan mengantuk pada siang hari.
  4. Kamu harus bisa menjaga fisik kamu selama berpuasa. Hindarilah untuk beraktivitas diluar ruangan saat matahari terasa terik karena akan membuat kamu cepat lelah.
  5. Berbuka puasa dengan makanan yang cukup dan pas. Apabila kamu langsung memakan banyak makanan, maka akan membuat perut kamu terasa sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Banyak pakar kesehatan yang menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis dan selang setengah atau satu jam baru diperkenankan untuk makan besar.
  6. Nah, untuk istilah ‘berbuka dengan yang manis’, jangan sampai kamu keliru mengartikannya, ya! Mengonsumsi makanan atau minuman yang manis memang baik dilakukan pada saat buka puasa, agar dapat segera memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Namun untuk porsinya jangan terlalu berlebihan, apalagi jika manis tersebut terbuat dari gula.
  7. Jangan makan malam terlalu banyak, karena akan meningkatkan obesitas. Selain itu hindari meminum kopi atau soda karena malah akan menimbun banyak lemak. Kamu dapat mengganti kedua minuman ini dengan air mineral dan jus buah.
  8. Siapa bilang kamu tidak bisa berolahraga saat berpuasa? Kamu tetap bisa olahraga ringan saat malam hari, misalnya dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit setelah makan malam.
  9. Selain mengatur pola makan, kamu juga harus memperhatikan pola tidurmu. Jadi, kamu harus pintar-pintar dalam mengatur jadwal tidurmu, agar bangun di pagi hari saat menyiapkan menu sahur tidak akan mempengaruhi kesehatan tubuhmu.

Nah, itu dia beragam tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat tubuhmu tetap fits saat berpuasa. Jadi, masih merasa lemas saat berpuasa?

Summary
Article Name
Beragam Tips Sehat Saat Puasa | Muslimarket Blog
Description
Siapa sih yang puasa tapi nggak lemas? Pasti banyak yang lemas saat sedang berpuasa. Yuk cari tips sehat saat puasa disini sekarang!
Author
Publisher Name
Muslimarket
Publisher Logo