Doa Sehari-Hari yang Sering Terlupakan

Dalam Islam dianjurkan untuk selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan, untuk memohon perlindungan dari Allah SWT. Ada banyak sekali macam doa yang diajarkan dalam Islam dalam kehidupan sehari-hari, namun terkadang kita melupakannya. Doa-doa itu juga meliputi dengan apa yang akan kita lakukan dalam keseharian kita, agar senantiasa Allah sellau menjaga dan melindungi kita setiap saat. Tidak hanya doa yang selalu kita panjatkan kepada Allah SWT, kita juga harus senantiasa beribadah dan menjalankan apa yang diperintahkan oleh-Nya, seperti melakukan shalat 5 waktu yang merupakan tiang agama.

Setiap doa memiliki makna dan memiliki kekuatan dari doa itu sendiri. Banyaknya doa yang telah Allah dan para Nabi sampaikan kepada kita hingga saat ini sangatlah banyak, adapun dari kita yang sanggup menghafal banyak doa-doa dan ada pula yang hanya sanggup menghafal doa-doa yang digunakan dalam keseharian kita.

Untuk itu, berikut ini beberapa kumpulan doa sehari-hari yang sering dilupakan oleh kita.

DOA SESUDAH MAKAN

الحمد ﻟﻠﻪ ﺍﻟﺬﻱ ﺃﻃﻌﻤﻨﺎ ﻭﺳﻘﺎﻧﺎ ﻭﺟﻌﻠﻨﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ

Alhamdulillahilladzii ath’amanaa wa saqaanaa wa ja’alanaa muslimiin

Artinya : Segala puji bagi Allah Yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami muslim. (HR. Abu Daud)

 DOA MIMPI BURUK ATAU TIDAK BAIK

اللهم إني أعوذ بك من عمل الشيطان وسيئات الأحلام

Allaahumma innii a’uudzu bika min ‘amalisy syaythaani, wa sayyi’aatil ahlaami

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk (HR. Ibn as-Sani)

DOA SESUDAH DUDUK BANGUN TIDUR

لاإله الا أنت سبحانك اللهم زدني علما ولا تزغ قلبي بعد إذ هديتني وهب لي من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب

Laa ilaaha illaa anta subhaanaka allahuma zidnii ‘ilman wa laa tuzigh qalbii ba’da idz hadaitanii wa hablii min ladunka rahmatan innaka antal wahhaabu.

Artinya : Tidak ada Tuhan melainkan Engkau, maha suci Engkau ya Allah, aku minta ampun kepada-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu. Ya Allah, tambahlah ilmuku dan janganlah Engkau gelincirkan hatiku setelah Engkau memberi petunjuk kepadaku, dan karuniakanlah rahmat untuk-ku daripada-Mu, sesungguhnya Engkaulah yang maha Memberi. (HR. Abu Daud)

DOA MENJELANG SUBUH

اللهم إني أعوذبك من ذيق الدنيا وذيق يوم القيامة

Allaahumma innii a’uuzdu bika min dhiiqid dun-yaa wa dhiiqi yaumil qiyaamati.

Artinya : Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat. (HR. Abu Daud)

DOA MENYAMBUT DATANGNYA PAGI

أصبحنا وأصبح الملك لله عز وجل والحمد لله والكبرياء والعظمة لله والخلق والأمر واليل والنهار وما سكن فيهما لله تعالي اللهم اجعل أول هذا النهار صلاحا وأوسطه نجاحا وأخره فلاحا يا أرحم الراحمين

Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillaahi ‘Azza wa jalla, wal hamdu lillaahi, wal kibriyaa’u wal ‘azhamatu lillaahi, wal khalqu wal amru wallailu wannahaaru wa maa sakana fiihimaa lillaahi Ta’aalaa. Allahummaj’al awwala haadzan nahaari shalaahan wa ausathahu najaahan, wa aakhirahu falaahan, yaa arhamar raahimiina.

Artinya : Kami telah mendapatkan Shubuh dan jadilah segala kekuasaan kepunyaan Allah, demikian juga kebesaran dan keagungan, penciptaan makhluk, segala urusan, malam dan siang dan segala yang terjadi pada keduanya, semuanya kepunyaan Allah Ta’ala. Ya Allah, jadikanlah permulaan hari ini suatu kebaikan dan pertengahannya suatu kemenangan dan penghabisannya suatu kejayaan, wahai Tuhan yang paling Penyayang dari segala penyayang.

DOA MASUK RUMAH

السلام علينا وعلي عباد الله الصالحين اللهم إني أسألك خير المولج وخير المخرج بسم الله ولجنا وبسم الله خرجنا وعلي الله توكلنا الحمد لله الذي أواني

Assalaamu ‘alaynaa wa ‘alaa ‘ibaadillahish shaalihiina. Allaahumma innii as-aluka khayral mawliji wa khayral makhraji. Bismillahi walajnaa wa bismillaahi kharajnaa wa ‘alallahi tawakkalnaa, alhamdulilaahil ladzii awaanii.

Artinya : Semoga Allah mencurahkan keselamatan atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang shalih. Ya Allah, bahwasanya aku memohon pada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluarku. Dengan menyebut nama-Mu aku masuk, dan dengan mneyebut nama Allah aku keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami berserah diri. Segala puji bagi Allah yang telah melindungi kami. (HR. Abu Daud)

DOA KELUAR RUMAH

بسم الله توكلت علي الله ولا حول ولاقوة إلا باببه

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

DOA MASUK TOILET

اللهم إني أعوذبك من الخبث والخبائث

Allaahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaa’itsi.

Artinya : Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan besar laki-laki dan betina. (HR. Bukhari dan Muslim)

DOA KELUAR TOILET

غفرانك الحمدلله الذي أذهب عني الأذي وعافني

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annjil adzaa wa’aafaanii.

Artinya : Ku memohon ampunan-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakitku dan telah menyembuhkan/menyelamatkanku. (HR. Abu Daud)

Summary
Article Name
Doa Sehari-Hari yang Sering Terlupakan | Muslimarket Blog
Description
Terkadang kita sering lupa membaca doa untuk kegiatan keseharian. Cari tahu yuk doa sehari-hari hanya disini!
Author
Publisher Name
Muslimarket
Publisher Logo