Destinasi Wisata Religi di Indonesia

Indonesia adalah salah satu Negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Untuk itu ada banyak sekali permintaan mengenai kebutuhan muslim di Indonesia. Mulai dari kebutuhan fashion muslim, makanan-makanan halal hingga kebutuhan destinasi wisata religi islam di Indonesia. Indonesia menjadi salah satu Negara yang memiliki sejarah mengenai perkembangan masuknya Islam di dunia. Ada banyak sekali jasa para wali yang menyebarluaskan ajaran Islam di Indonesia pada masa lalu. Para wali menyebarkan agama Islam di Indonesia dengan banyak cara, ada yang dilakukan dengan pendekatan budaya yang akhirnya bercampur dengan budaya lokal yang dulu masih banyak yang beragama Hindu – Budha.

Di Jakarta sendiri ada banyak sekali wisata religi yang dapat dikunjungi. Selain itu, tempat wisata religi memang banyak tersebar di pulau Jawa. Masyarakat Indonesia sering berziarah ke makam para wali pada hari-hari besar agama. Mereka sering mengirimkan doa bersama untuk para wali yang telah berjasa dalam menyebarkan Islam di Indonesia. Untuk lebih jelasnya berikut adalah destinasi wisata rohani Islam di Indonesia.

  1. Masjid Baitul Musyahadah

Masjid ini terletak di Jalan Teuku Umar, Setui yang persis berada di seberang Suzuya Mall, Banda Aceh. Yang menjadi kekhasan pada masjid ini adalah kubahnya menyerupai Topi Khas Aceh yang bernama Kupiah Meukutop dan karena itu masjid ini juga dinamai dengan masjid Meukutop. Kupiah ini memiliki arti dan nilai-nilai filosofi yang tinggi bagi warga Aceh yang melambangkan Reusam, adat istiadat, hokum Islam dan juga Qanun dan dipilih untuk mengenang kegigihan perjuangan Teuku Umar, yang merupakan Pahlawan Aceh. Keunikan lain dari masjid ini juga terdapat pada ornament khas Aceh lainnya yang bisa ditemui di dinding depan masjidnya dan pintu besi yang tersebar di sekeliling masjid. Designer dari masjid ini diprakarsai oleh cendekiawan yang terkemuka di Aceh, yang bernama Prof. Ali Hasjmy. Masjid ini memiliki bentuk segi lima yang ingin melambangkan 5 rukun Islam yang senantiasa harus selalu diamalkan oleh umat muslim.

  1. Masjid Istiqlal

Siapa yang tidak tahu dengan masjid ini? Masjid yang megah ini terletak di pusat Ibukota Jakarta, dengan luas sekitar 93.200 meter persegi dan dapat menampung jamaah hingga 200.000 orang serta menjadi masjid Negara Republik Indonesia. Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di wilayah Asia tenggara. Masjid ini memiliki gaya dengan arsitektur modern dengan dinding dan lantai yang berlapis marmer, dan dihiasi ornamen geometric dan baja antikarat. Bangunan utama masjid ini dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, masjid ini juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia, aktivitas sosial dan juga kegiatan umum lainnya. Masjid ini adalah salah satu wisata menarik yang ada di Jakarta. Pada setiap perayaan hari besar Islam, Presiden Republik Indonesia selalu mengadakan kegiatan keagamaan di masjid ini. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno.

  1. Masjid Cheng Ho Palembang

Wisata berikut ini adalah sebuah masjid yang didirikan dengan gaya arsitektur Cina, Arab dan tentu saja Palembang. Nama asli dari masjid ini adalah Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya. Pembangunan masjid ini didominasi oleh warna merah dan juga hijau. Designer dari pembangunan masjid ini adalah para sesepuh, penasehat dan juga pengurus PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) Sumatera Selatan, beserta dengan warga Tinghoa di Palembang. Luas bangunan masjid ini sekitar 625 meter persegi. Masjid ini terdiri dari 2 lantai dan dapat menampung hingga 600 jamaah. Lantai pertama digunakan khusus oleh jamaah laki-laki, sedangkan lantai kedua khusus untuk jamaah perempuan. Masjid ini juga dilengkapi dengan perpustakaan, kantor, dan ruang serba guna. Lokasinya berada dalam sebuah kompleks perumahan, semakin membuat suasana di dalam masjid terasa begitu tenang dan nyaman.

  1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid ini adalah sebuah masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M. Masjid ini termasuk bangunan yang megah dan indah yang mirip dengan Taj Mahal di India yang terletak di jantung kota Banda Aceh dan menjadi titik pusat dari segala kegiatan di Aceh Darussalam. Sebagai tempat yang bersejarah dan memiliki nilai seni tinggi, Masjid Raya Baiturrahman menjadi objek wisata religi yang mampu membuat setiap wisatawan yang datang berdecak kagum akan sejarah dan juga keindahan arsitekturnya. Masjid Baiturrahman ini termasuk salah satu masjid terindah yang ada di Indonesia yang memiliki arsitektur yang memukau, ukiran yang menarik, halaman yang luas dengan kolam pancuran air yang bergaya Kesultanan Turki Utsmani.

Nah, itu adalah beberapa wisata rohani Islam yang cukup terkenal di Indonesia. Apakah kalian berminat untuk mengunjungi beragam wisata religi di Indonesia? Muslimarket sebagai pasar halal terlengkap dan terbaik menyediakan beragam kebutuhan muslim, salah satunya adalah Paket Tour & Travel Halal. Kalian dapat menikmati beragam wisata religi dengan kemudahan serta kenyamanan yang ditawarkan. Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi Muslimarket.com dan rasakan kenyamanan berwisata religi bersama Muslimarket!

Summary
Article Name
Berbagai Destinasi Wisata Religi di Indonesia | Muslimarket Blog
Description
Selain menjadi tempat beribadah, masjid juga bisa dijadikan tempat wisata religi, lho! Yuk cari tahu selengkapnya disini!
Author
Publisher Name
Muslimarket
Publisher Logo