mm-blog-beragam-tips-mengatasi-rambut-rontok

Rambut adalah sesuatu yang keluar dari dalam kulit dan kulit kepala, rambut tidak mempunyai syaraf perasa, sehingga rambut tidak terasa sakit jika dipangkas. Rambut berfungsi sebagai mahkota, juga berfungsi sebagai pelindung kepala dari panas terik matahari dan cuaca dingin. Bagi para wanita, rambut menjadi hal yang paling utama untuk diperhatikan, maka dari itu sangat menjadi perhatianpula apabila para wanita sudah dilanda rambut yang rontok, menjadi masalah yang cukup besar karena dapat membuat rasa percaya diri berkurang.

Agar hal itu tidak terjadi, Anda bisa melakukan beragam tips untuk mengatasi rambut rontok dengan cara yang alami. Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa Anda lakukan dengan simple.

  1. Lidah Buaya

Aloe Vera atau yang biasa disebut Lidah Buaya adalah tanaman untuk perawatan rambut rontok secara alami. Selain dapat digunakan untuk perawatan rambut, lidah buaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Anda bisa mencoba ekstrak dari gel lidah buaya sebagai kondisioner alami untuk rambut Anda. Salah satu khasiat penting dari lidah buaya adalah merangsang pertumbuhan rambut, enzim yang ditemukan dalam gel lidah buaya berfungsi sebagai stimulator pertumbuhan rambut.

  1. Kentang

Ternyata kentang dapat menyuburkan rambut loh! Hanya dengan membuatnya menjadi jus, kita dapat merasakan manfaatnya yang bisa langsung diaplikasikan menjadi masker rambut. Diamkan sekitar 30-60 menit setelah itu bilas hingga bersih. Kentang juga selain dapat mengatasi rambut rontok, juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut kering dan beruban.

  1. Bawang Putih dan Bawang Merah

Selain menjadi bumbu dapur yang sering kita temui di dapur rumah, bawang ini bisa menjadi salah satu untuk perawatan rambut rontok yang alami. Caranya potong beberapa siung bawang putih ataupun bawang merah kemudian haluskan, dan untuk hasil yang maksimal bisa Anda tambahkan dengan beberapa tetes minyak zaitun lalu usapkan pada rambut hingga merata. Diamkan sekitar 30 menit saja lalu bilas hingga bersih. Treatment ini bisa Anda lakukan setiap hari sebelum keramas.

  1. Santan Kelapa

Bahan makanan ini terbuat dari perasan air kelapa, sering sekali dijadikan bahan masakan tetapi ternyata bahan makanan ini bisa memberikan manfaat untuk kesehatan rambut. Banyak vitamin yang terkandung dari olahan santan ini, sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit kepala. Kandungan yang diperoleh dari santan kelapa menjadikan rambut kembali dalam kondisi yang sehat. Santan dapat memberikan sensasi dingin pada kulit kepala. Caranya, oleskan olahan santan kepada kulit kepala lalu pijat selama 5 menit dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih dengan shampoo. Santan juga bisa dijadikan salah satu kondisioner rambut.

  1. Jeruk Nipis

Cara tepat untuk melakukan perawatan rambut adalah dengan cara yang alami salah satunya dengan jeruk nipis. Jeruk nipis mempunyai kandungan zat asam yang bermanfaat untuk membuat rambut tampak mengkilau dan sehat. Jeruk nipis juga mengandung vitamin C, minyak atsiri limonin dan asam sitrat yang sangat baik untuk kulit kepala. Cara untuk menyuburkan rambut menggunakan jeruk nipis sangat mudah caranya yaitu hanya dengan peras air jeruk nipis kemudian aplikasikan ke kulit kepala Anda disertai pijitan yang lembut.

  1. Pola Hidup Sehat

Tubuh yang sehat akan memberikan dampak yang sehat pula pada rambut. Jika tubuh kita sehat maka rambut pun akan terlihat lebih indah dan sehat. Selain beberapa cara perawatan rambut alami diatas, pola hidup sehat juga bisa mejadi salah satu untuk menjaga agar rambut tetap sehat. Caranya, pola tidur yang cukup dan teratur, pola makan sehat yang bernutris tinggi dan kaya akan protein, jauhi kebiasaan merokok dan mengkonsumsi junk food, dan yang terakhir adalah tentunya dengan rajin berolahraga. Selain itu, mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari sangatah baik untuk kesehatan rambut, dan tidak lupa untuk minum air putih yang cukup.

Baiklah, itu dia beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok. Semoga bermanfaat.