mm-blog-adab-bertamu-dan-memuliakan-tamu

Manusia adalah mahluk sosial karena sebagian dari kehidupannya pasti berinteraksi dengan yang lain, bukan sebagian tapi mungkin seluruh hidupnya, dan tak bisa dipungkiri banyak sekali manfaat dalam bersosial yang bisa mempererat tali silaturahmi, mengakrabkan yang tidak akrab, mendapatkan ilmu, jaringan dan lain sebagainya. Bersosialisasi sudah tidak sulit dan sangatlah mudah.

Jika kamu memiliki keluarga jauh, kamu masih tetap bisa bersilaturahmi atau berkomunikasi, entah berkirim surat atau megikuti perkembangan zaman dengan menggunakan media sosial. Walaupun sekarang kita bisa mudah bersilaturahmi dengan menggunakan media sosial tapi alangkah lebih nyaman, enak dan puas jika kita langsung kontak fisik bertemu langsung jumpa muka, fikiran dan jiwa. Salah satu cara bersilaturahmi dengan cara kontak fisik secaralangsung adalah Bertamu.

وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ

“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaknya memuliakan tamunya” [HR al-Bukhâri dan Muslim]

Bertamu dan Memuliakan Tamu adalah suatu hal yang sangat baik dan disenangi oleh Allah karena sebenarnya seluruh orang muslim bersaudara dimanapun mereka berada. Maka untuk mengikat tali persaudaraan dan menyambungnya perlu saling bertamu satu dengan lainya. Jangan sampai kamu menyepelekan urusan bertamu, karena banyak sekali manfaat atau fadhilah dari adab bertamu dan memuliakan tamu yang antara lain:

  1. Membawa rezeki dan kepulangannya membawa ampunan bagi tuan rumah.
  2. Diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umur. “Barangsiapa ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturrahim” (HR. Bukhari)
  3. Tidak ada kebaikan seseorang yang tidak dikunjungi tamu. Sepatutnya merasa sedih jika dalam jangka sekian lama tidak ada tamu yang berkunjung kepada kita karena tamu yang datang membawa rahmat.
  4. Biasanya orang yang bertamu mengucapkan salam dan kita menjawabnya maka kita memperoleh 10 s.d 30 pahala.
  5. Biasanya berjabat tangan maka mereka akan memperoleh ampunan dosa sampai mereka berpisah.
  6. Biasanya mereka tersenyum maka mereka memperoleh kebaikan “Senyumanmu di wajah saudaramu adalah sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Semoga setelah kita mengetahuin manfaat bertamu dan memuliakan tamu kita bertambah rajin untuk bersilaturahmi yang intinya untuk mengharapkan ridha dan berkah dari Allah swt. Aamiin