mm-blog-8-manfaat-puasa-bagi-kesehatan-dan-kecantikan

Selain banyaknya keberkahan di bulan suci Ramadhan ini, puasa juga bisa dikatakan sebagai salah satu diet sehat yang memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh dan juga psikologis. Selama berpuasa kita dituntut untuk bisa menahan diri dengan cara menahan untuk tidak makan dan minum, serta diharuskan untuk mengontrol emosi dan hawa nafsu. Hal ini dilakukan mulai dari terbitnya matahari hingga matahari terbenam.

Walaupun seharian kita menahan untuk tidak makan dan minum, puasa tidak membahayakan bagi tubuh, malah dengan puasa memberikan banyak manfaat bagi tubuh kamu. Manfaatnya dapat kamu rasakan tidak hanya bagi kesehatan namun juga bagi kecantikan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 8 manfaat puasa bagi kesehatan dan kecantikan.

  1. Menjaga berat badan

Nah, apabila kamu memiliki masalah dalam berat badan, dengan kamu melakukan puasa maka permasalahan ini dapat teratasi. Berat badan dapat dikontrol dengan baik, karena saat puasa tidak ada asupan makanan dan minuman sehingga tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi. Hal ini tentu saja akan mengoptimalkan pembakaran lemak lebih besar dibandingkan biasanya.

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Puasa menyebabkan tingkat kolesterol jahat dan kadar apobetta menurun. Kondisi ini tentu saja baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga mencegah risiko stroke dan juga penyakit jantung. Manfaaat ini akan lebih optimal jika disertai dengan sahur dan berbuka dengan menu yang sehat, tidak berlebihan.

  1. Menurunkan stress

Beberapa penelitian menemukan jika puasa ramadhan bermanfaat untuk menurunkan hormone kortisol, glisemia dan melatonin. Tingkat adrenalin menurun akibat psikologis yang tenang, jauh dari emosi dan marah. Jika seseorangs sedang marah, tingkat adrenalin naik sekitar 20 kali lipat, yang menyebabkan pembuluh darah perifer menyempit, tekanan darah arterial meningkat, serta membuat detak jantung menjadi kacau. Jika hal ini terjadi berulang, maka meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, stroke dan lainnya.

  1. Memperbaiki rambut dan kuku

Sebagai seorang wanita, rambut dan kuku menjadi salah satu tanda dari kecantikan seorang wanita dan tentu saja harus selalu dijaga. Pada awal puasa, rambut dan kuku akan terlihat lebih kusam dan kering namun jika melakukan puasa secara rutin justru akan membuat rambut dan kuku menjadi lebih sehat dan indah. Hal ini diakibatkan dari adanya regenerasi sel baru dalam tubuh yang akan membuat sel baru dalam tubuh yang akan membuat sel rambut dan kuku menjadi baru.

  1. Membersihkan mata

Nah, selain memperbaiki kuku dan rambut, puasa juga bermanfaat untuk membersihkan mata. Selama berpuasa, kamu akan mendapatkan mata yang indah dan lebih tajam. Saat berpuasa, kotoran yang ada di dalam mata akan dikeluarkan secara maksimal. Proses detoksifikasi kotoran pada mata ini akan membuat penglihatan menjadi tajam sehingga mata kamu akan lebih berkilau dan indah.

  1. Meningkatkan kesehatan ginjal

Ginjal bekerja untuk menyaring zat berbahaya yang berasal dari makanan dan minuman. Organ ini akan bekerja dengan baik jika kekuatan osmosis urin berkisar 1000 hingga 12000 ml osmosis/kg air. Puasa menyebabkan konsumsi makanan dan minuman berkurang sehingga osmosis urin berlangsung tanpa berlebihan, pada akhirnya berdampak baik untuk kesehatan ginjal.

  1. Meningkatkan ketajaman otak dan kreatifitas

Sebuah penelitian menemukan bahwa rasa lapar disertai kerelaan dapat membuat otak berfikir lebih baik dan kreatif.

  1. Membersihkan kulit

Manfaat lainnya adalah dapat mendetoksifikasi tubuh. Detoksifikasi adalah proses pembersihan diri dari berbagai racun dalam tubuh. Racun yang ada di dalam tubuh ini akan secara bertahap dikeluarkan oleh tubuh lebih cepat daripada biasanya. Proses detoksifikasi ini akan sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena akan membuat kulit lebih tampak bersih, segar, kenyal dan lebih cerah.

Nah, itu dia beragam manfaat berpuasa. Jadi, masih punya alasan untuk tidak berpuasa?

Summary
Article Name
8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan dan Kecantikan | Muslimarket Blog
Description
Puasa ramadhan menjadi salah satu hal wajib bagi setiap muslim. Nah, cari tahu yuk manfaat puasa bagi kesehatan dan kecantikan kamu disini!
Author
Publisher Name
Muslimarket
Publisher Logo